1. Keteraturan tatanan diantara bagian-bagian desain sehingga unsur satu dengan
yang lain terlihat saling mengisi dan pada akhirnya tercapailah faktor keselarasan dalam suatu karya seni termasuk dalam prinsip desain……
A. Harmony
B. Keseimbangan
(Balance)
C. Irama (Rhtyme)
D. Kesebandingan (Proprosi)
E. Penekanan (Emphasis)
2.
Perhatikan karya
seni disamping ini !
Karya tersebut menggunakan prinsip Balance atau keseimbangan yaitu Balance......
A.
Simetris
B.
Asimetris
C.
Radial
D.
Teratur
E.
Tidak teratur
3.
Perhatikan karya seni disamping ini !
A. Harmony (Keselarasan)
B. Keseimbangan
(Balance)
C. Irama (Rhtyme)
D. Kesebandingan (Proporsi)
E. Penekanan (Emphasis)
4. Aliran
seni rupa yang berusaha menggambarkan keadaan alam lingkungan, manusia atau
hewan disebut aliran . . . .
A.
Ekspresionisme
B. Abstrakisme
B. Abstrakisme
C.
Surrealisme
D. Naturalisme
D. Naturalisme
E.
Impresionisme
5.
Manakah
lukisan-lukisan berikut ini yang merupakan lukisan beraliran kubisme
A.
B.
C.
D.
E.
6.
Pada penyelenggaraan pameran lukisan jika ditinjau berdasarkan jenis karya, pameran yang menampilkan satu jenis karya saja disebut …
A.
Pameran homogen
B. Pameran kelompok
B. Pameran kelompok
C.
Pameran tunggal
D. Pameran temporer
D. Pameran temporer
E.
Pameran heterogen
7.
Ditinjau menurut jumlah peserta,
pameran seni rupa terdiri dari …
A.
Pameran homogen dan pameran heterogen
B.
Pameran tunggal dan pameran kelompok
C.
Pameran rutin dan pameran tetap
D.
Pameran insidental dan pameran keliling
E.
Pameran indoor dan pameran
outdoor
8. Contoh bentuk pameran tetap yang tepat di
daerah Jakarta adalah.......
A.
Galeri
Nasional
B.
Monumen
Nasional
C.
Monumen
Jogya Kembali
D. Galeri Affandi di Yogyakarta
E. Museum Le Mayeur di Sanur
D. Galeri Affandi di Yogyakarta
E. Museum Le Mayeur di Sanur
9. Sejarah perkembangan seni rupa Indonesia
secara lengkap serta koleksi perupa Indonesia dari masa ke masa dapat
dipelajari dan disaksikan di .......
A.
Museum
Nasional Indonesia
B. Museum Wayang
B. Museum Wayang
C.
Museum
Tekstil
D. Museum Bahari
D. Museum Bahari
E.
Museum
Seni Rupa dan Keramik
10.
Legenda
pelukis Indonesia yang pertama kali mempelajari dan menerapkan metode lukis
dari Eropa dalam lukisannya adalah......
A. Raden Saleh Syarif Bustaman
B. Affandi
B. Affandi
C.
Hendra
Gunawan
D. Basuki Abdullah
D. Basuki Abdullah
E.
Popo
Iskandar
11.
Ciri khas utama karya seni lukis pada masa Indie
Molek atau Hindia Jelita adalah....
A.
Tidak mementingkan teknik melukis dalam berkarya
B.
Melukiskan tentang keindahan alam dan masyarakat
Hindia-Belanda
C.
Munculnya pendidikan tinggi seni rupa di
berbagai daerah
D.
Munculnya sanggar-sanggar lukis sebagai tempat
pelatihan para seniman
E.
Berkembangnya aliran abstrakisme dan
impresionisme di kalangan para seniman
12.
Tonggak awal berkembangnya seni kontemporer
Indonesia adalah pada masa Persagi (1938-1945) yang dipelopori oleh.......
A.
S.Sudjojono dan Agus Djaya
B. Hendra Gunawan dan Wahdi
B. Hendra Gunawan dan Wahdi
C.
Wakidi dan Raden Saleh
D. Basuki Abdullah dan Popo Iskandar
D. Basuki Abdullah dan Popo Iskandar
E.
A.D Pirous dan Affandi
13.
Perhatikan
lukisan masterpiece berjudul “Penangkapan Pangeran Diponegoro 1830” diatas !
A.
Srihadi Soedarsono
B. Affandi
B. Affandi
C.
R.M Pirngadi
D. Raden Saleh Syarif Bustaman
D. Raden Saleh Syarif Bustaman
E.
S.Sudjojono
14.
Manakah karya-karya berikut ini yang termasuk
dalam ciri khas masa Revolusi Kemerdekaan (1945-1950) ?
A B C D
E
15. Salah
satu ungkapan yang terkenal pada masa Persagi yang dikemukakan oleh S.Sudjojono
dalam berkarya seni adalah.....
A. Melukis
harus memperhatikan teknik melukis agar hasilnya baik
B. Melukis
yang baik adalah melukis yang indah-indah saja
C. Tahapan
melukis harus diikuti dengan baik jika ingin hasil lukisan bagus
D. Seluruh
isi jiwa ini tumpahkan diatas kanvas tanpa memperhatikan teknik melukis
E. Teknik
melukis harus dipelajari dulu sebelum membuat lukisan
16. Seniman
– seniman kontemporer Indonesia dalam membuat karya seninya tidak terlalu menonjolkan bentuk-bentuk yang indah akan tetapi justru sebaliknya. Mereka
lebih mengutamakan isi karya dan simbol-simbol dalam menyampaikan pesan kepada
penikmat seni, seperti kekuasaan wewenang atau jabatan yang bisa disimbolkan
dengan........
A.
Burung yang terbang bebas ke angkasa
B.
Samudra luas yang biru membentang
C.
Ombak yang bergulung-gulung
D.
Semut-semut yang berjalan beriringan
E.
Singa yang sedang mengaum dengan gagahnya
17. Kegiatan
menanggapi karya seni untuk menunjukkan kekurangan dan kelebihan karya tersebut
oleh ahli seni disebut dengan…………
A.
Kritik seni
B. Apresiasi seni
B. Apresiasi seni
C.
Produksi seni
D. Ulasan seni
D. Ulasan seni
E.
Evaluasi seni
18. Jika
kritik yang disampaikan oleh ahli seni berfungsi untuk membangun kesadaran
seniman agar lebih meningkatkan kualitas karyanya disebut dengan….
A. Kritik
Destruktif
B. Kritik Keilmuan
B. Kritik Keilmuan
B. Kritik
Populer
D. Kritik Jurnalis
D. Kritik Jurnalis
E. Kritik
Konstruktif
19. Seorang
guru seni memberikan pendapat dan komentar atas hasil karya peserta didiknya
agar nantinya dapat memperbaiki karyanya. Hal ini merupakan salah satu contoh
jenis kritik…..
A. Kritik
Jurnalis
B. Kritik Destruktif
B. Kritik Destruktif
C. Kritik
Kependidikan
D. Kritik Keilmuan
D. Kritik Keilmuan
E. Kritik
Populer
20. Fungsi
kritik dalam dunia kesenian dan pendidikan seni sangatlah strategis yaitu…
A. Menjembatani
persepi dan apresiasi estetik sebuah karya seni antara seniman, karya seni dan
penikmat seni
B. Mematikan
ide dan gagasan seniman karena kritik selalu diungkapkan keburukan sebuah karya
seni
C. Meningkatkan
penjualan karya seni karena ulasan yang diberikan para ahli seni sangat
menguntungkan seniman
D. Membuat
peserta didik kurang bergairah karena selalu dikritik kekurangan karyanya
E. Meningkatkan
daya cipta serta kreasi sang kritikus sendiri karena telah mengulas banyak
karya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar