Jumat, 08 Agustus 2014

LATIHAN OLAH TUBUH

Tubuh sebagai unsur pokok dalam teater harus dilatih agar ketika melakukan pemeranan sebuah tokoh bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Tanpa tubuh manusia maka sebuah pementasan akan sangat timpang bahkan belum bisa disebut sebuah pementasan teater. Seorang pemeran teater harus banyak mengetahui potensi tubuh itu sendiri untuk menjadi seorang aktor yang baik. Aktor yang baik adalah yang mampu memerankan karakter diluar dirinya sehingga seolah-olah penonton yang menyaksikan aktingnya bisa ikut dalam emosi gerakannya. 

Menurut Eko Santoso dalam buku (Seni Teater Jilid 2 Untuk SMK) setidaknya ada 3 latihan  inti dalam olah tubuh ini yaitu :

       1. Latihan Ketahanan, di mulai ketahanan perut, pinggang, paha dan kaki
       2. Latihan Kelenturan, terutama kelenturan badan 
       3. Latihan Ketangkasan, yaitu melatih ketrampilan bela diri dan juga gerak-gerak ekstrim dari                  aktor

Namun sebelum melakukan latihan Olah Tubuh ini, anda harus melakukan pemanasan sehingga otot-otot tubuh siap melakukan latihan inti. Pemanasan yang dilakukan bisa dimulai dari leher, bahu, lengan, pinggang dan kaki.

Berikut ini adalah sebagian latihan olah tubuh dalam pemeranan teater yang dilakukan oleh siswa-siswi SMK Paramitha. Latihan ini merupakan bagian dari pembelajaran materi Seni Budaya khususnya Seni Teater.


Laihan Ketahanan tangan dan kaki


Latihan Kelenturan



Ketahanan otot perut

Pemanasan

Nah, semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda mengenai latihan pemeranan dalam seni teater. Anda juga dapat menambah pengetahuan dan mengeksplorasi berbagai latihan olah tubuh sehingga anda dapat menjadi pemeran teater yang baik.


(yosirespati@gmail.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI AJAR GAMBAR BENTUK

 Oleh : Ridwan (guru Seni Budaya SMKN 7 Jakarta) Menggambar bentuk merupakan  cara menggambar dengan meniru  obyek dengan mengutamakan  kemi...