Kamis, 01 Desember 2016

MANAJEMEN PERTUNJUKKAN TEATER


Manajemen Produksi (Non Artistik)

Tim produksi ini tugasnya mengatur segala sesuatu yang diperlukan dalam sebuah produksi pementasan teater. Pekerja-pekerja yang ada dalam tim produksi meliputi ;

1.   Pimpinan Produksi (Pimpro), adalah seseorang yang bengatur, mengelola atau memanage, serta mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam sebuah produksi pementasan teater.

2.   Bendahara Produksi, adalah seseorang yang mengatur atau memanage keuangan selama pra-produksi, produksi, dan pasca produksi.

3.   Sekretaris, adalah seseorang yang menyusun dan mengatur dan mencatat segala urusan administrasi pemetasan teater seperti surat menyurat, proposal dan laporan pementasan

4.    Koordinator Latihan, adalah seseorang yang mengatur jadwal latihan dan meng-koordinir para pendukung (pemain) yang ikut terlibat dalam produksi pementasan teater. Biasanya koordinator latihan ini ditangani langsung oleh Pimpro.

5.    Humas/ Publikasi, adalah sebuah tim yang mempublikasikan atau mempromosikan sebuah produksi pementasan teater yang akan ditampilkan dengan tujuan untuk mendatangkan penonton.

Pada intinya Tim produksi dalam manajemen produksi pada sebuah pementasan teater terdiri dari lima bidang pekerjaan yang telah dibahas di atas. Namun ada pula yang menambahkan denganseksi konsumsi, seksi dokumentasi, dan seksi transportasi, apabila hal itu dianggap perlu dalam sebuah produksi pementasan  teater tersebut.

Tim Pementasan (Artistik)

Tim pementasan yaitu suatu tim yang tugasnya melaksanakan dan menjalankan seluruh kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan pementasan. Pekerja-pekerja yang ada dalam tim pementasan ;

1.   Sutradara (derector), adalah seseorang yang memimpin dan bertanggungjawab penuh selama latihan atau selama persiapan pementasan sampai pementasan dilaksanakan.

2.   Penata Artistik, seseorang yang merancang setting panggung dan mempersiapkanproperty yang dibutuhkan oleh para pemain.

3.    Penata Musik, seseorang yang merancang dan mendisain penataan musik dan efek-efek suara lainnya untuk membawa suasa yang dibutuhkan dalam pementasan,

4.    Penata Lampu, seseorang yang merancang dan mendisain penataan efek cahaya untuk membawa suasa yang dibutuhkan dalam pementasan.

5.   Penata Rias dan Busana, seseorang yang mempersiapkan tata rias para pemain untuk menimbulkan karakter yang dibutuhkan dan pemeranan serta mempersiapkan, mendisain, dan mengkoordinir pakaian yang diperlukan oleh setiap pemain.
6.   Pekerja Panggung (stage crew), adalah orang-orang yang mengerjakan hal-hal teknis di belakang layar dan bekerja sebagai pembantu umum, tugas stage crew adalah ;

a)     Membantu tugas penata artistik untuk mengadakan, membuat, mengumpulkan, menyiapkan, dan menjaga serta memelihara segala perlengkapan dan peralatan panggung.
b)     Membantu tugas penata lampu dalam merangcang dan mendisain dalam penataan efek cahaya.


Tugas dan tanggungjawab Kepanitiaan Organisasi Pertunjukkan


Berikut adalah Struktur Panitia dan Tugas-Tugasnya Secara Umum

1.   Pelindung
Pelindung dalam sebuah organisasi, maupun panitia, tentunya disesuaikan dengan skup yang diinginkanya. Misalnya di Desa, maka pelindung akan dijabat oleh Kepala desa, Misalnya di Madrasah atau Sekolah, maka Pelindung dijabat oleh Kepala Madrasah atau Kepala Sekolah.Tugasnya adalah bertanggung jawab secara penuh terhadap seluruh kegiatan yang direncanakan
2.   Pembina atau Penasehat
Posisi ini tentunya akan dijabat oleh orang yang sudah berpengalaman dalam mengadakan kegiatan. Misalnya eks Ketua Panitia atau Orang yang pernah menjabat panitia kegiatan lebih dari 3 kali. Karena dengan pengalaman mereka, maka persoalan apapun bisa teratasi, tahu dan faham akan prosedur perlaksanaan yang didasarkan pada pengalaman.Tugasnya adalah mengarahkan dan memberikan nasehat atas apa yang harus dilakukan oleh semua anggota panitia.
3.   Ketua Panitia
Orang yang dianggap cakap dan Siap serta memiliki waktu untuk mengurusi kegiatan. Mau, Mampu dan Punya Waktu inilah syarat ketua secara umum. TugasnyaMengkoordinir semua anggota panitia, dan bertanggung jawab terlaksananya kegiatan. 
4.   Wakil Ketua
Wakil ini diambil dari seseorang yang pantas mendampingi Ketua, terlebih memiliki hubungan keakraban dan memiliki daya potensi yang sama atau hampir sama dengan ketua.Tugasnya adalah membantu tugas-tugas ketua dalam urusan teknis.
5.   Sekretaris
Orang yang dipilih adalah orang yang memiliki kemampuan komputerisasi. Zaman dulu, orang yang dipilih adalah seseorang yang memiliki tingkat kerajinan yang tinggi dalam menulis, tekun dan terampil. Namun sekarang, teknologi komputer sudah menjadi hal wajib yang harus dikuasai dalam hal kesekretariatan. Tugasnya mengurusi surat menyurat, membuat notulen rapat, membuat berita acara sampai pada dokumentasi kesekretariatan. 
6.   Bendahara  
Orang yang dipilih untuk menjadi bendahara adalah orang yang mampu mengatur keuangan. Mampu mengendalikan keuangan, dan mampu melaksanakan pembukuan. Tugasnya adalah mengatur keluar masuknya uang.
7.   Koordinator Seksi
Orang yang harus ditunjuk adalah orang yang profesional dalam bidang yang ditanganinya. Namun seksi-seksinya disesuaikan dengan kebutuhan panitia tersebut. Bagi pembaca setia guru Seni Budaya akan saya paparkan beberapa seksi yang tentunya anda sesuaikan dengan kebutuhan anda sendiri. Tugasnya bertanggung jawab atas seksi yang dijabatnya serta mengkomunikasikan dengan Ketua Panitia

Seksi-Seksi Bidang

1.   Seksi Perlengkapan adalah seksi bidang yang harus menyiapkan kelengkapan kegiatan mulai dari meja, kursi, deklit, dan gerabah-gerabah untuk kegiatan.
2.   Seksi Acara adalah seksi bidang yang mengurusi jalannya acara mulai awal sampai akhir.
3.   Seksi Dekorasi dan dokumentasi adalah  seksi bidang yang mengurusi tata panggung dan lingkungan, serta mendokumentasikan acara dari awal sampai akhir dalam bentuk rekaman audio, atau video. Mengurusi Tulisan background panggung.
4.   Seksi Publikasi adalah seksi yang membidangi hubungan dengan masyarakat. Mulai dari penyebaran pamflet, membuat pengumuman, sampai pada penyiaran.
5.   Seksi Konsumsi adalah seksi yang mengurusi kebutuhan konsumsi seperti makan, minum, jajan dan lain sebagainya.
6.   Seksi Keamanan adalah seksi yang memiliki kewajiban untuk menciptakan suasana aman, nyaman dan kondusif dalam sebuah kegiatan. Seksi keamanan ini bisa mengambil dari Hansip, SatPam, Banser, Polisi, TNI, Atau orang yang dianggap mampu menciptakan Stabilitas Keamanan.
7.   Seksi  Humas adalah seksi yang menjadi penyalur segala yang berhubungan dengan kegiatan. Misalnya saja menyebarkan undangan, Menghubungi Pembicara, Menghubungi Grup Hiburan dan sejenisnya.

Sumber Referensi

1 komentar:

MATERI AJAR GAMBAR BENTUK

 Oleh : Ridwan (guru Seni Budaya SMKN 7 Jakarta) Menggambar bentuk merupakan  cara menggambar dengan meniru  obyek dengan mengutamakan  kemi...