Selasa, 21 April 2015

APRESIASI SENI RUPA DI MUSEUM SENI RUPA KERAMIK JAKARTA



Pada hari Sabtu tanggal 28 Februari SMK Paramitha mengadakan sebuah kegiatan apresiasi seni rupa dengan mengunjungi Museum Seni Rupa dan Keramik yang berlokasi di daerah Jakarta Kota. Kegiatan ini merupakan rangkaian pembelajaran pada mata pelajaran Seni Budaya yang dilakukan di SMK Paramitha. Siswa dan siswi diberi kesempatan untuk mengenal sejarah seni rupa bangsa Indonesia melalui koleksi simpanan museum seni rupa dan keramik.

Selain kegiatan kunjungan, siswa-siwi SMK Paramitha juga melakukan deskripsi singkat mengenai koleksi museum. Mereka diminta untuk memilih salah satu koleksi museum kemudian mendeskripsikannya secara sederhana objek lukisan yang mereka pilih. Bahan deskripsi seperti pelukisnya, tahun pembuatan, media dan bahan serta simbol-simbol dalam lukisan Berikut adalah salah satu contoh kegiatan mendeskripsikan objek lukisan.




Setelah melakukan kunjungan dan deskripsi objek lukisan di museum seni rupa dan keramik, mereka melakukan kunjungan ke Museum Sejarah Jakarta atau Museum Fatahillah. Disana mereka mendapat penjelasan mengenai sebuah lukisan karya S.Sudjojono yang sangat terkenal yaitu lukisan tentang Sultan Agung yang menyerang Batavia pada tahun 1628 dan 1629. Lukisan ini menjadi salah satu hasil karya maestro pelukis Indonesia yang menjadi lukisan terbesar di Indonesia saat ini.



Kunjungan ke Museum Fatahillah menandai berakhirnya kegiatan apresiasi ini. Seluruh peserta apresiasi diharapkan bisa menghargai hasil karya para seniman Indonesia terutama para perupa yang telah memberikan kebanggan bagi bangsa Indonesia.

(yosirespati@gmail.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI AJAR GAMBAR BENTUK

 Oleh : Ridwan (guru Seni Budaya SMKN 7 Jakarta) Menggambar bentuk merupakan  cara menggambar dengan meniru  obyek dengan mengutamakan  kemi...